Minggu, 25 April 2010

TATANIAGA

Hal-hal yang berkaitan dengan tataniaga

1. What is a market?
Pasar adalah komunikasi yang terbentuk antara penjual dan pembeli karena adanya keinginan dan kebutuhan dari para pelaku pasar. Menurut Theodore Levitt pasar itu terdiri dari orang-orang yang memiliki berbagai kebutuhan dan keinginan. Selain itu, pasar juga dapat diartikan sekelompok pembeli potensial suatu produk dan merek yang ditawarkan serta dipengaruhi oleh faktor letak geografis, karakteristik demografi, psikologis social.

2. Why is it necessary to use so many different dimensions to describe the market?
Ini terjadi karena setiap pengguna pasar yang memiliki pengertian yang berbeda-beda tentang pasar itu sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan yaitu: Geografi, Demografi, Psikologi sosial dan kebutuhan akan pasar.

3. If it is not possible to use more than 3 or 4 dimensions to segment a market, how would you decide which ones to use? Illustrate for a big purchase, such as a new car.
Segmentasi pasar merupakan hal yang penting untuk dikaji dan dalam mengidentifikasi setiap kelompok dan mungkin memperlakukan masing-masing kelompok dalam suatu cara pemasaran yang berbeda. Oleh karena itu, perlu menggunakan dimensi-dimensi, seperti heavy users versus light users, frequency of purchase, brand loyalty, dan readiness to buy.
Berdasarkan dimensi-dimensi tersebut, apabila tidak dapat dipenuhi 3 atau 4 dimensi segmen pasar, maka kelompok kami lebih menekankan pada dimensi brand loyalty karena dimensi merupakan ukuran kesetiaan konsumen sebagai seorang pembeli dalam menggunakan suatu merek tertentu atau merek yang sudah digunakan sebelumnya. Sebagai contoh konsumen yang membeli mobil dengan merek Honda yaitu Honda City yang diluncurkan pada tahun 2003. Peminat Honda City ini sangat banyak, kepuasan konsumen terlihat dengan adanya peningkatan penjualan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, pada tahun 2005 Honda meluncurkan Honda New City yang meliputi keunggulan dalam gaya, keamanan, kegunaan, dan performa. Konsumen pun kemudian membeli kembali merek yang sama dengan tipe terbaru. Dapat disimpulkan bahwa konsumen telah menunjukkan kesetiaannya terhadap merek Honda, sehingga konsumen percaya dan membeli kembali merek yang sama. Tentunya berdasarkan kualitas yang diberikan serta kenyamanan yang dapat dirasakan.

4. Pick a specific cereal product you have bought or selected recently. Then, using Sissors categories, pick out the dimensions you feel are most relevant for explaining your decision. Then list any other dimension about you which could be helpful in marketing mix planning to sell you this product. Explain the implication for marketing mix planning.
Salah satu produk sereal yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah honey stars. Saat ini masyarakat lebih menginginkan makanan yang cepat, mudah, dan praktis untuk dikonsumsi. Maka disini sebagai produsen melihat seberapa banyak permintaan konsumen terhadap sereal. Jika sudah mengetahui berapa permintaan pasar maka dapat diketahui berapa produk yang akan diproduksi dan didistribusikan. Agar masyarakat percaya pada sereal honey stars maka dibuat agar honey stars menjadi pilihan alternative untuk memenuhi kebutuhan dan tetap setia untuk menkonsumsi produk honey stars tersebut. Agar berhasil dalam memasarkan produk maka dapat dilihat dari bauran pemasarannya yaitu 4 P (place, price, promotion, dan product ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar