Minggu, 25 April 2010

“Sule (Susu Kedelai)”

Latar Belakang


Kedelai merupakan bahan makanan yang penting sebagai sumber protein nabati yang di konsumsi secara langsung. Laju pertambahan akan kebutuhan susu sejalan dengan laju pertambahan penduduk yang di tunjang oleh kemajuan teknologi sehingga kedelai merupakan salah satu bahan industri untuk pemenuhan akan kebutuhan pangan ternak dan lainnya. Pemanfaatan teknologi tepay guna sebagai alternatif pilihan bagi petani dan masyarakat untuk meningkatkan nilai produksi pertanian sangat di butuhkan pada saat ini.
Seperti yang kita ketahui susu dapat membantu menjaga kesehatan terutama dalam pertumbuhan tulang. Harga susu sapi yang relative mahal membuat mayoritas konsumennya berasal dari golongan menengah ke atas. Susu kedelai dapat dijadikan alternative sebagai pengganti susu sapi. Harga susu kedelai yang relative murah dari susu sapi sehingga susu kedelai ini dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat golongan menengah ke bawah. Selain itu kandungan gizi dalam susu kedelai hampir sama dengan kandungan gizi dalam susu sapi, sehingga kebutuhan gizi untuk masyarakat golongan menengah ke bawah tetap terpenuhi.
Selain manfaat yang telah diuraikan di atas, susu kedelai itu memiliki manfaat lain yaitu: untuk menningkatkan kekebalan tubuh, menambah energy bagi tubuh, untuk melancarkan pencernaan, serta dapat melancarkan haid bagi wanita.
Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak memerlukan keterampilan khusus. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak. Untuk memperoleh susu kedelai yang baik, kiita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Dari 1 kg kedelai dapat dihasilkan 10 ltr susu kedelai.


Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. (Pride & Ferrel (1995) ). pendapat Swastha & Handoko (1987) yang merumuskan segmentasi pasar adalah suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen–segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix.

Menurut Gitosudarmo (2000) manfaat segmentasi pasar yaitu sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.

Segmentasi pasar yang dimasuki oleh susu kedelai ini yaitu berdasarkan faktor demografi yang didalamnya terdapat jenis kelamin, usia, ukuran keluarga, pendapatan, pendidikan, kelas social, dan etnik. Tetapi kami ambil yaitu dari sisi usia yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Ini kami ambil karena susu kedelai ini diperlukan oleh segmen-segmen tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar serta terasa lebih fit

Positioning pasar
Positioning adalah apa yang kita inginkan ada di benak konsumen ketika mereka mendengar brand kita. Positioning ini berkaitan dengan persepsi. Persepsi ini harus bisa unik sehingga pelanggan bisa langsung membedakan antara brand kita dan brand pesaing kita. Positioning dilakukan setelah kita melakukan segmentasi pasar.

Sebenarnya susu kedelai ini cocok untuk semua kalangan, tetapi kelompok kami lebih memprioritaskan kepada anak-anak untuk mengkonsumsi susu kedelai ini. Ini dilakukan karena rasa susu kedelai lebih enak daripada susu sapi, dan susu kedelai bisa dikombinasikan dengan berbagai rasa sehingga memiliki daya tarik anak-anak untuk meminumnya sebagai pengganti susu sapi. Dan ini dibutuhkan anak-anak dalam proses pertumbuhan baik tulang maupun perkembangan otak. (Dini, dkk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar